jump to navigation

Tulisan Tangan Lebih Menjual daripada Surat Elektronik Januari 7, 2011

Posted by Raja Stationery in Tips Bisnis.
trackback

Teknologi boleh saja menawarkan kepraktisan, seperti dengan mengirim penawaran melalui surat elektronik (sur-el) atau melalui fax dan telepon. Tetapi tak ada yang bisa menggantikan kekuatan catatan konvensional dengan tulisan tangan, yang lebih memberikan kesan personal. Padahal, bagian terberat dalam memenangkan hati pembeli baru adalah membuat pesan Anda terdengar. Agar pesan Anda didengar, kirimkan pesan dengan cara yang personal dan mudah diingat.

“Dengan pesan otomatis dan e-mail, teknologi membuat wiraniaga (penjual, RED) sangat nyaman dan menjadi sangat tidak nyaman bagi pembeli. Akun e-mail dan pesan suara dipenuhi dengan banyak pesan penjualan yang tidak personal dan mengganggu. Kalau Anda menggunakan metode ini, bisa dipastikan pesan Anda akan diabaikan dan dibuang secepat pembeli Anda menerimanya,” kata Tom Richard, pelatih penjualan di Toledo Amerika, seperti dituliskannya dalam buku 80 Rahasia Melejitkan Omzet: Dari 50 Pakar Penjualan Dunia.

Penjualan meningkat dengan tulisan tangan

Menurut Tom, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Boleh jadi caranya tidak terlalu efektif atau terkesan memberatkan penjual. Namun cara ini paling ampuh dan sederhana untuk menarik perhatian pembeli. Yakni dengan menulis catatan dengan pena Anda untuk menawarkan produk Anda. Bentuknya bisa direct mail, kartu ucapan, dan lain-lain.

“Tidak seperti e-mail, telepon, atau kunjungan tak terduga, catatan yang ditulis tangan selalu diterima dengan baik,” katanya menambahkan catatan yang ditulis tangan lebih unik dan menarik, membangkitkan keingintahuan dan pemikiran.

Catatan yang ditulis tangan akan dibuka dan dibaca karena tidak terlihat dan terdengar seperti sur-el sampah. “Orang benar-benar ingin membacanya,” lanjut Tom.

Jadi ketiadaan teknologi bukanlah menjadi kendala bagi Anda untuk mempromosikan produk. Kekuatan sebenarnya dari catatan yang ditulis tangan adalah sifatnya yang personal. Menerima catatan yang ditulis tangan membuat pembeli merasa sama senang dan nyamannya seperti mendengar kabar dari teman lama. Menciptakan perasaan ini pada pembeli membuat Anda tak terlupakan karena mereka akan mengasosiasikan reaksi positif mereka dengan Anda.

“Catatan Anda akan mengingatkan pembeli prospektif bahwa Anda adalah pilihan pribadi dan bahwa Anda peduli dengannya sebagai pribadi. Anda paham bahwa ia punya pilihan saat akan membeli produk  dan Anda sungguh-sungguh menghargai kesempatan mendapatkan bisnisnya,” jelas Tom.

Dengan mengirimkan catatan yang ditulis tangan secara teratur, Anda mengingatkan pembeli akan betapa hebatnya Anda tanpa bersikap memaksa atau mengganggu. “Anggap catatan itu sebagai tepukan ringan di bahu, sekadar untuk menyapa,” tandasnya.

Meski begitu, jangan lantas berpikir instan bahwa calon pembeli Anda akan langsung membeli produk begitu menerima catatan tulisan tangan dari Anda. Setidaknya, cara Anda yang unik ini akan mudah diingat pembeli saat akan memilih produk yang dicarinya. Menjadi unik dan berbeda bukankah lebih memberikan kesan tak terlupakan? Hal ini pun bisa diterapkan dalam strategi penjualan Anda. (female.kompas.com)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: