jump to navigation

Peluang Bisnis Waralaba Onderdil Otomotif Januari 6, 2011

Posted by Raja Stationery in Peluang Bisnis.
trackback

Pertumbuhan jumlah mobil yang tinggi, mendatangkan peluang besar bagi gerai penyedia oli dan suku cadangnya. Tidak mengherankan, meski sudah enam tahun menawarkan konsep waralaba, PT Astra Otoparts Tbk masih terus menangkap peluang calon mitra yang ingin membuka gerai Shop & Drive.

Shop & Drive menjual aki, oli, shock absorber, dan baterai keluaran Astra Otoparts. Kepala Area Shop & Drive Jawa-Bali Muhammad Ilhami menyatakan, Shop & Drive menawarkan jenis waralaba yang berbeda dibandingkan dengan waralaba lain. “Kami menyerahkan sepenuhnya, pengelolaan dan keuangan kepada terwaralaba. Tapi, pusat masih memberikan support operasional,” kata Ilhami.

Dukungan operasional tersebut berupa kedatangan tim pengontrol satu hingga dua kali seminggu. Bila ada masalah, tim akan memberi masukan soal strategi penjualan, pemasaran, hingga pelayanan tenaga kerja ke mitra.

Investasi awal waralaba Shop & Drive ini mencapai Rp 272,2 juta. Nilai itu mencakup biaya awal waralaba sebesar Rp 75 juta, peralatan dan perlengkapan Rp 116 juta, serta dokumen badan hukum dan perizinan Rp 10 juta.

Selain itu, juga termasuk mekanik dan alat tulis kantor Rp 11,2 juta plus modal stok barang dagangan awal Rp 60 juta. Nilai investasi sudah berikut training tiga karyawan, tapi belum termasuk sewa lokasi dan biaya renovasi. Oh ya, terwaralaba harus menyediakan tempat dengan luas bangunan minimal 80 m2 dan daya listrik 3.500 Watt.

Biaya royalti Shop & Drive tiap bulan sebesar 3% dari keuntungan bersih. Astra Otoparts memperkirakan, mitra bakal balik modal di bulan ke-10, tak sampai 1 tahun.

Sampai saat ini, Shop & Drive sudah punya 115 outlet. Sekitar 60 % di antaranya merupakan franchise, sisanya cabang Astra Otoparts yang berdiri lebih dulu. Gerai masih terpusat di Jawa dan Bali serta satu outlet di Riau.

Shop & Drive memang belum fokus membuka waralabanya di luar Jawa. Pasalnya, kata Ilhami, pihaknya hendak memperkuat jaringannya di Jawa dahulu. Alhasil, saat ini, Astra Otoparts gencar menjajaki peluang di kota-kota kabupaten, seperti Gresik, Jombang, dan Madiun.

Maklum, di kota-kota ini, Shop & Drive belum punya pesaing di segmen menengah. “Kalau konsumen atas sudah ada Agen Tunggal Pemegang Merek, sedang berekonomi lemah lebih memilih toko tradisional,” ujar Ilhami.

Persaingan yang belum ketat di segmen inilah yang membuka peluang Shop & Drive makin besar. Namun, Ilhami mengingatkan, bisnis tersebut butuh pengenalan pasar. Cuma, “Di tahun kedua hingga ketiga, dia bisa panen profit,” ungkap Ilhami.

Pernyataan Ilhami itu diamini oleh Emelia Suhartanti. Pemilik gerai Shop & Drive di daerah Cipinang dan Raden Inten, Jakarta Timur ini mengalami kenaikan pendapatan tiap tahun. Kini, di tahun ke-5, gerai di Raden Inten meraup omzet Rp 180 juta per bulan. Sementara, pendapatan outlet di Cipinang sebesar Rp 60 juta -Rp 70 juta per bulan.

Omzet gerai Cipinang lebih kecil lantaran hanya menjual oli buatan Astra Otoparts. Adapun, “Gerai di Raden Inten menjual beberapa merek oli lain dan lokasinya sangat strategis,” ujar Emelia.

Ia bilang, meski menjual aki, dan shock absorber, oli tetap menjadi produk andalan karena menyumbang 50% dari total pendapatan tiap bulan. Emelia pun optimistis waralabanya tetap hidup dengan omzet besar, walau kini bermunculan kompetitor di pelbagai tempat. Apalagi, ia mendapat dukungan penuh dari Astra Otoparts. Ke depan, dia pun berniat untuk mengoperasikan kedua gerainya selama 24 jam penuh. (peluangusaha.kontan.co.id)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: