jump to navigation

Strategi Pemasaran KidZania Januari 5, 2011

Posted by Raja Stationery in Tips Bisnis.
trackback

Demi merangkul jumlah pengunjung, KidZania mengeluarkan program paket keluarga bertema “Anak Bermain, Ayah dan Ibu Ikut Seminar dan Konseling Keluarga Sehat”. Selain menyasar para orangtua anak, KidZania juga membidik kalangan guru TK dan SD untuk mengikuti program ini.

Menerapkan strategi pemasaran yang jitu di tengah ketatnya persaingan adalah modal utama sebuah usaha. Hal ini pula yang dijalankan oleh PT Aryan Indonesia, pengelola wisata pendidikan anak, KidZania.

Demi menjaring banyak pengunjung, KidZania membuat program paket keluarga bertema “Anak Bermain, Ayah dan Ibu Ikut Seminar dan Konseling Keluarga Sehat Bersama Psikolog Ternama”.

Anhar Octorianto, Asisten Manager Marketing KidZania, mengatakan, program itu bertujuan meningkatkan pelayanan taman hiburan keluarga kelas dunia yang menyenangkan bagi anak dan bermanfaat bagi orangtua.

Menurut dia, selama ini anak-anak yang mengunjungi KidZania rata-rata hanya ditemani oleh para pengasuhnya. Dengan adanya program ini, diharapkan para orangtua anak akan ikut datang menemani sang buah hati.

Dia bilang, program yang sudah berjalan sejak 20 September lalu itu mendapat respon positif dari pelanggan KidZania. “Dari 39 kursi yang disediakan, tingkat keterisian untuk setiap sesinya mencapai 70%,” kata Anhar.

Seminar dan konseling mengenai keluarga sehat ini dilakukan setiap hari Jumat dan Minggu. Acara ini dimulai September hingga Desember 2010 di Metropolitan Theater of KidZania. Agar bisa mengikuti program ini, KidZania hanya mengenakan tarif Rp 275.000 untuk empat orang pengunjung, yang terdiri dari dua orang anak dan dua dewasa.

Selain diminati para orangtua, program ini juga mendapat respon dari kalangan guru taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Bahkan, kata Anhar, peminatnya lebih banyak. Setiap sesi, KidZania bisa menyediakan hingga 60 kursi khusus para guru dari wilayah Jabodetabek.

Maklum, narasumber yang dihadirkan KidZania merupakan para pakar pendidikan dan psikolog terkenal. Di antaranya, Kak Seto Mulyadi, Tika Bisono, Bunda Rommy dan Wahyu Aditiya.

Mereka mengupas beragam topik seputar keluarga. Mulai dari komunikasi keluarga, wawasan teknologi informasi, mengatasi stres pada anak, hingga merencanakan biaya pendidikan anak.

Anhar mengklaim, tingkat kunjungan KidZania terus melonjak sejak program ini digelar. “Sejak diluncurkan ada kenaikan 10%-15% untuk setiap shift-nya di saat hari libur. Di hari biasa, kenaikannya 5% menjadi sekitar 300 orang per hari,” katanya.

Dengan adanya program ini, Anhar optimistis jumlah pengunjung KidZania tahun ini bisa naik dari tahun lalu. Di 2009, jumlah pengunjung KidZania 627.000 orang. Hingga September lalu, jumlah pengunjungnya sudah 470.000 orang.

Untuk semakin mendongkrak jumlah pengunjung, tahun depan KidZania juga akan mengeluarkan programmembership. “Para member akan mendapatkan diskon pembelian tiket, suvenir dan lainnya,” tutur Anhar. (peluangusaha.kontan.co.id)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: