jump to navigation

Untung dari Boneka 'Custom' untuk Maskot Januari 1, 2011

Posted by Raja Stationery in Peluang Bisnis.
trackback

Bisnis pembuatan boneka custom untuk maskot makin bergairah. Makin banyak perusahaan yang mempromosikan produk-produknya melalui boneka custom. Setiap bulan, produsen bisa mengantongi penghasilan hingga Rp 30 juta.

Bermacam cara untuk mempromosikan sebuah produk. Melalui boneka custom untuk maskot, contohnya. Nah, jurus ini yang sekarang makin dilakoni banyak perusahaan.

Permintaan pembuatan boneka custom pun mengalir deras. Didin Sepudin, pemilik Nikita Kids Boneka di Duren Sawit, Jakarta, mengatakan, bisnis ini menjadi sangat menjanjikan. Soalnya, produsen yang membuat boneka sesuai pesanan konsumen belum terlalu banyak. Dengan begitu, peluang usaha itu masih terbuka lebar. “Kebanyakan bonekacustom yang banyak beredar saat ini masih dipesan dari China,” ungkap Didin.

Pria yang sudah menjalankan usaha pembuatan boneka sejak 2003 itu mengungkapkan, meski pembuatan boneka custom berdasarkan pesanan, harga produk ini tidak terlalu berbeda jauh dengan boneka yang dibikin sesuai keinginan produsen.

Misalnya, boneka custom buatan Didin berukuran 11-20 centimeter dijual dengan harga antara Rp 7.500 hingga Rp 10.000 per pieces, tergantung bentuk dan model. Namun, untuk mendapatkan harga yang murah tersebut, ia mematok minimal pesanan sebanyak 500 boneka custom.

Saban bulan, lelaki 40 tahun bisa mendapatkan pesanan dari tiga perusahaan. “Setiap perusahaan rata-rata memesan antara 500 hingga 10.000 boneka,” ujarnya. Dari pesanan sebanyak itu, ia dapat mengantongi omzet hingga Rp 30 juta.

Sayang, Didin menuturkan, saat ini, kapasitas produksinya masih terbatas, yaitu maksimal hanya sekitar 10.000 boneka per bulan. Jadi, jika pesanan yang masuk melebihi kemampuan, ia terpaksa menolak permintaan.

Menurut Didin, permintaan akan ramai memasuki pertengahan tahun. Sebab, pada masa itu, banyak perusahaan yang mempunyai agenda promosi. “Pertengahan tahun sampai akhir tahun merupakan momentum di mana permintaan membeludak,” katanya.

Titir Sihombing, pemilik T&R Mascot Costume di Yogyakarta, menambahkan, dalam beberapa tahun terakhir permintaan terus menanjak. Itu sebabnya, kini, ia lebih fokus menjalankan usaha pembuatan boneka custom. “Prospek bisnis ini cukup bagus ke depannya karena masih jarang pesaing, khususnya di Yogyakarta,” ucap Titir yang mengaku tertarik mendirikan usaha boneka custom ketika ia tinggal di Singapura.

Titir yang mulai menggulirkan usahanya sejak 2007 lalu menyatakan, pemesan boneka custom datang dari pelbagai instansi pemerintah, event organizer, hingga perguruan tinggi.

Salah satu persanan boneka custom yang masuk ke T&R Mascot Costume saat ini, adalah pembuatan 5.000 boneka maskot berukuran kecil untuk acara pekan olahraga yang akan diselenggarakan di luar Pulau Jawa. Panitia acara olahraga itu memberi waktu sebulan untuk menyelesaikan pengerjaan tersebut. “Minggu ini kami harapkan sudah selesai dan tinggal dikirim,” katanya.

Cuma, Titir menolak mengungkap nilai proyek besar itu. Yang jelas, ia mengatakan, untuk boneka maskot kecil yang tingginya 15 centimeter sampai 30 centimeter dijual dengan harga Rp15.000 sampai Rp 30.000 per pieces.

Selain memproduksi boneka custom ukuran kecil, Titir juga menerima pesanan untuk ukuran besar atau jumbo yang ia lego dengan harga mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 juta. “Dalam sebulan, saya bisa menjual empat sampai sepuluh boneka besar,” katanya seraya menyebutkan, keuntungan yang ia dekap dari pembuatan boneka custom berukuran besar tersebut mencapai 50 persen dari harga jual. Lumayan bukan? (bisniskeuangan.kompas.com)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: