jump to navigation

Perluas Bisnis dengan Google Maps Indonesia Desember 30, 2010

Posted by Raja Stationery in Tips Bisnis.
trackback

Siapa pun yang pernah bersinggungan atau menggunakan internet pasti mengenal Google. Ya, mesin pencari terbesar dan paling diandalkan ini seakan tak pernah mau berhenti berinovasi dan berekspansi. Bertempat di Blitzmegaplex, Rabu (6/10/2010), Google resmi memperkenalkan Google Maps untuk Indonesia (maps.google.co.id). Mengapa Indonesia? Apa ada fitur lain selain menunjukkan arah?

“Satu dari lima pencarian yang terjadi di Indonesia merupakan pencarian lokasi, baik itu lokasi untuk makan maupun bisnis. Hal ini adalah hal yang penting, kami ingin memberikan konten yang bisa memenuhi hal tersebut kepada para user di Indonesia,” terang Derek Callow, Head of Marketing, Google Southeast Asia pada saat konferensi pers.

Tak hanya untuk mencari peta dan memberi rekomendasi arah dalam bahasa Indonesia, tetapi menurut Derek, Google Maps Indonesia bisa digunakan untuk membantu memperluas bisnis. Diterangkan oleh Callow, saat ini Google Maps Indonesia bekerja sama dengan beberapa layanan di Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk perluasan bisnis. Saat ini Google Maps Indonesia berpartner dengan Urbanesia.com, Lewatmana.com, dan Telkomsel.

Yang menguntungkan untuk perluasan bisnis adalah para pebisnis bisa mencantumkan bisnis mereka di dalam listing Google Maps Indonesia. Jika Anda masuk ke dalam maps.google.co.id, Anda bisa memasukkan keyword yang berhubungan dengan produk Anda, misal: pancake. Lihat, apakah perusahaan atau jasa Anda sudah ada di sana. Jika sudah ada, berarti tempat Anda sudah berada dalam listing Urbanesia, dan kemungkinan sudah ada review. Jika belum ada, silakan tambahkan tempat Anda tersebut dalam daftar.

“Hal ini akan membantu perluasan bisnis karena nama perusahaan Anda akan makin dimudahkan dalam pencarian. Bayangkan perusahaan Anda akan dilihat oleh ribuan orang, secara gratis. Apalagi bagi para pebisnis awal yang masih bertanya-tanya apakah sebaiknya membuat situs sendiri atau tidak. Tetapi dengan memasukkan bisnis Anda ke dalam Google Maps, Anda sudah bisa mencantumkan informasi tentang perusahaan Anda. Mulai dari jam buka, alamat, nomor telepon, review, foto, video, dan lainnya,” jelas Callow.

Meski bisa mengubah review dan informasi yang sudah tertera di listing Google Maps Indonesia tentang perusahaan Anda, Derek meyakinkan, bahwa untuk melakukan perubahan akan ada prosedur validasi melalui SMS, telepon, maupun kartu pos demi memastikan validitas data yang diubah dan penangguhan informasi tersebut. Selain itu, dengan sistem tersendiri, Google Maps Indonesia juga memungkinkan para pemilik perusahaan yang sudah memiliki situs untuk menggunakan pelayanan peta ini untuk disisipkan ke dalam situs untuk memudahkan calon pelanggannya datang. (female.kompas.com)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: