jump to navigation

Taman Bacaan, Peluang Bisnis Menjanjikan Desember 29, 2010

Posted by Raja Stationery in Peluang Bisnis.
trackback

Membaca adalah jendela dunia. Begitu kata orang bijak untuk memotivasi kita lebih mencintai buku dan gemar membaca. Memang dengan membaca kita bisa mengetahui segala informasi di dunia.

Kesadaran inilah yang membuat minat masyarakat untuk membaca makin besar. Sayang, masih banyak orang yang tidak bisa dan tidak mampu membeli buku bacaan karena tingginya harga buku. Selain itu, terlalu banyak buku, novel, dan komik yang terbit dan beredar menjadi alasan mereka keberatan dan membeli buku yang hanya akan sekali dibaca itu.

Karena kebutuhan inilah muncul peluang usaha penyewaan buku atau rental buku (taman bacaan). Fenomena ini tak hanya memberikan fasilitas bagi mereka yang suka membaca tanpa keluar banyak uang, tetapi juga memberi peluang bagi yang memiliki buku “menganggur” untuk disewakan. Anda berminat? Ini panduannya.

“How to Start
Untuk memulai usaha ini, Anda mesti menentukan dulu siapa yang dijadikan target pasar. Memang yang paling menjanjikan adalah kalangan mahasiswa dan para penggemar fiksi dan majalah. Pemilihan target menjadi pertimbangan Anda dalam menyediakan buku-buku yang akan disewakan nanti plus lokasi usaha. Jika targetnya mahasiswa, lokasi dekat kampus atau kawasan kos tentu akan lebih menguntungkan.

Tempat yang dibutuhkan untuk usaha ini sebenarnya tidak perlu terlalu besar. Dengan ruangan seluas 3 x 3 meter saja sudah cukup. Namun, lebih besar ruangan memang akan lebih baik, mengingat jumlah koleksi yang akan dipajang dari tahun ke tahun pasti akan bertambah banyak.

Setelah lokasi didapat, Anda bisa segera menghubungi penerbit untuk mencari stok awal barang. Dengan membeli langsung ke penerbit, kita bisa mendapatkan buku dengan harga lebih murah. Namun, jika penerbit sulit ditembus, Anda bisa mengambil alternatif dengan membelinya dari agen-agen yang pasti ada di setiap kota. Untuk melengkapinya, Anda juga bisa memasukkan koleksi buku-buku Anda yang tersimpan di rumah atau membelinya di toko-toko buku.

Kualitas Terbaik

Jika ada teman yang memiliki banyak koleksi dan ingin menitipkan bukunya, boleh juga diterima. Semakin banyak buku, akan semakin memperkaya koleksi taman bacaan Anda. Apalagi, usaha ini bukannya tanpa pesaing. Setiap tahun, penyedia rental komik dan novel selalu bertambah. Itu sebabnya, Anda perlu memikirkan strategi bisnis untuk membuat usaha ini terus berjalan dan memiliki banyak pelanggan.

Kunci sukses dalam usaha ini adalah kelengkapan koleksi komik, novel, dan buku-buku lainnya. Pasalnya, para penyewa pasti akan mencari tempat penyewaan yang terlengkap. Dengan semakin lengkap koleksi kita, semakin besar pula kemungkinan meraih pelanggan.

Anda juga bisa menyiasati dengan memberikan kesempatan untuk menjadi member atau anggota di taman bacaan. Beri iming-iming, jika menjadi anggota, para pelanggan akan mendapatkan keistimewaan tersendiri, berupa fasilitas diskon atau pemberitahuan adanya koleksi terbaru via SMS atau e-mail.

Selain itu, usahakan agar para pelanggan di taman bacaan tidak kecewa dengan kualitas pelayanan. Dalam hal ini, sikap ramah pegawai dan juga ketersediaan koleksi bacaan. Jika tempat usaha Anda cukup luas, Anda bisa menyediakan kursi atau sofa untuk pengunjung yang ingin membaca di tempat. Dengan menjaga kualitas, pelanggan akan merasa senang dan puas. (female.kompas.com)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: