jump to navigation

Kuncinya, Inovasi dan Ide Baru Desember 28, 2010

Posted by Raja Stationery in Bisnis Kreatif.
trackback

Ada gula ada semut. Ada peluang untuk mengeruk rezeki, pasti akan banyak yang terjun di dalamnya. Kondisi ini pula yang terjadi pada geliat usaha di sektor aksesori sepeda motor. Pasalnya, terdapat ratusan item yang bisa dimanfaatkan di pasar ini, meski tetap butuh ide kreatif.

Ketua Himpunan Produsen Alat Mobil dan Motor Indonesia (Hipammi), Vincent Edi Jasin mengatakan, selama jumlah penjualan dan populasi sepeda motor di dalam negeri terus meningkat, pasar komponen serta aksesori yang mengikuti produk ini juga tetap menjanjikan.

“Meski pasar stagnan, selama daya beli masyarakat selaku pemilik sepeda motor masih tinggi untuk memodifikasi dan mengubah tampilan motor, tentunya peluangnya tetap besar,” kata Vincent, Jumat (16/4).

Diakuinya, ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan dari produk sepeda motor itu, khususnya yang tidak dan belum dilakukan oleh produsen bersangkutan. Mulai dari komponen pengganti, serta modifikasi, hingga pernik-pernik yang diharapkan bisa memperindah tampilan motor, seperti bagasi, tambahan cover bodi, hingga stiker yang sekarang banyak ditawarkan penjual dan penyedia jasa pemasangan stiker.

Yang membanggakan, lanjut Vincent, permintaan konsumen terus meningkat seiring dengan tren yang terus berkembang. Apalagi, jika dilihat dari segmentasi pasar yang ada, sebagian besar kaum muda, relatif mudah terpengaruh oleh tren.

“Ada inovasi baru atau tampilan motor yang unik yang dilihat di jalanan, mereka langsung tertarik dan diyakini akan mengubah tampilan motornya, meski baru dirombak,” ulas pimpinan PT Prima Makmur Lestari, produsen komponen motor merek TGP ini.

Vincent memperkirakan, pasar dan usaha aksesori motor terus berkembang, selama pelaku usaha di sektor ini juga terus melakukan inovasi baru. Memang, tidak semua pemilik kendaraan bermotor berminat terhadap aksesori dan modifikasi. Namun melihat jumlah pasar motor di dalam negeri yang besar, potensinya masih tinggi.

“Rata-rata dari 10 motor yang ada, 1 unit pasti mengalami tambahan atau perubahan baik komponen maupun aksesori. Artinya, 10 persen dari pasar motor setiap tahunnya, itu merupakan pasar yang sangat besar,” imbuh Vincent.  (surya.co.id)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: