jump to navigation

Berinteraksilah dengan Perubahan Pelanggan Desember 28, 2010

Posted by Raja Stationery in Tips Bisnis.
trackback

Memahami konsumen beserta perubahannya sebetulnya salah satu kunci sukses dalam menjalankan usaha. Akan tetapi ini bukan pekerjaan ringan, karena masing-masing konsumen tentu punya keinginan, keyakinan dan pandangan yang berbeda saat mengonsumsi produk untuk memenuhi kebutuhannya dan mendapat kepuasan sebagaimana yang dipersepsikan.

Nah, apabila ingin terus menuai sukses, pengusaha harus dapat selalu memahami, memelihara dan mempertahankan pengetahuan mereka tentang pelanggan dengan segala atribut perubahannya. Dengan demikian, pengusaha akan dapat memenuhi nilai yang diinginkan konsumen.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan, antara lain :

Pertama, berkomunikasilah dengan pelanggan tentang hal yang mereka inginkan dari produk kita. Pengusaha harus fokus dalam memenuhi keinginan konsumen beserta segala atribut perubahannya agar dapat memberikan nilai lebih yang dapat memunculkan kepuasan dan kebanggaan sesuai dengan persepsinya masing-masing. Sebab, ada sekolompok pelanggan di wilayah tertentu, beranggapan bahwa barang mahal pasti berkualitas baik. Akan tetapi, ada kelompok yang sangat sensitif terhadap harga.

Kedua, jangan segan bertanya kepada relasi dalam jaringan tentang apa yang mereka inginkan agar produk tetap menarik di semua mata rantai distribusi. Ini menjadi penting, karena tidak ada artinya kalau konsumen sudah punya persepsi baik terhadap produk, ternyata jaringan distribusi justru menghambat sampainya produk di tangan konsumen karena tidak memperoleh nilai sesuai dengan pengharapannya dalam memasarkan produk.

Ketiga, buatlah rencana perubahan yang tepat seiring perubahan keinginan konsumen. Hal ini bisa dilakukan dengan menambah nilai yang mampu mengikat konsumen untuk selalu setia dengan produk yang kita tawarkan.

Pola ini dilakukan beberapa perusahaan besar, seperti produk untuk memotong kumis dan jenggot merk Gillette yang hanya kompatibel dengan produk pisau silet merk yang sama.

Memahami dan selalu berusaha memenuhi keinginan konsumen semestinya merupakan harapan semua pengusaha.

Bukan saatnya lagi mencekoki konsumen dengan produk berdasarkan feeling pengusaha, karena bisa jadi keinginan yang ingin diperoleh jauh berbeda. Disinilah perlunya kepintaran dan kecerdikan dalam mengelola perubahan. Bagaimana dengan Anda?

Sumber : http://www.surya.co.id

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: